Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian iPhone di Kota Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek, harga, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian iPhone. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna iPhone di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling karena tidak diketahui secara pasti jumlah populasi pengguna iPhone di Kota Medan. Berdasarkan rumus Lemeshow yang digunakan dalam penelitian ini, jumlah sampel yang ditetapkan ada sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa Microsoft Forms. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaif, proses pengolahan data menggunakan software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, citra merek berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone di Kota Medan, sedangkan harga dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone di Kota Medan. Citra merek, harga, dan gaya hidup secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian iPhone di Kota Medan. Hasil nilai Adjusted R Square sebesar 0,634 artinya keputusan pembelian sebesar 63,4% dipengaruhi oleh citra merek, harga, dan gaya hidup, sedangkan sisanya 36,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alkemega, S., & Ramadhan, M. F. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian iPhone (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung). Jurnal EMT KITA, 7(2), 462–472. https://doi.org/10.35870/emt.v7i2.1113
Ansorullah, F. M. F., & Yopie, Y. (2022). Kualitas Produk, Gaya Hidup, Harga dan Keputusan Pembelian iPhone di Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Dan Perbankan (JUMPA), 9(3), 31–42. https://doi.org/10.55963/jumpa.v9i3.482
Aulia, S. R., & Wati, K. M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian iPhone di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 4(2), 84–96. https://doi.org/10.56127/jaman.v4i2.1610
Dharmmesta, B. S. (2015). Manajemen Pemasaran (2nd ed.). www.ut.ac.id
Dirwan, D., & Zaenal, F. R. (2022). Keputusan Pembelian Apple iPhone melalui Citra Merek, Harga, dan Gaya Hidup. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 8(2), 192. https://doi.org/10.35906/jurman.v8i2.1235
Jannah, W. N., Nurfarida, I. N., & Asna, A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Hp iPhone pada Mahasiswa di Kota Malang. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 11(1), 10–17. https://doi.org/10.21067/jrmm.v11i1.8914
Kaharuddin, E. K., Haeruddin, Muh. I. M., & Musa, Muh. I. (2023).
Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian iPhone Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. DECISION : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 163–171. https://doi.org/10.31850/decision.v4i1.2151
Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Building, Measuring, and Managing Brand Equity Strategic Brand Management.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.).
Kotler, P., Keller, K. L., Mairead, B., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing Management: 4th European Edition. www.pearson.com/uk
Kotler, Philip., & Keller, K. Lane. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer.
Riyanti, R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian iPhone. Value Added : Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 1. https://doi.org/10.26714/vameb.v18i1.9625
Siregar, M. A., & Saragih, N. M. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone merek iPhone (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan). Journal of Creative Student Research, 1(1), 392–401. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1167
Wirtz, Jochen., & Lovelock, C. H. (2016). Services marketing: people, technology, strategy. World Scientific.
DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v15i1.1513
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
JWEM diindeks di:
Bahasa Indonesia: | A | |
A | Bahasa Indonesia: | A ![]() |
Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email : jwem.fb@mikroskil.ac.id
Situs JWEM dan metadatanya dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi - NonKomersial - NoDerivs 4.0 Internasional (CC BY-NC-ND 4.0)