Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Suriani Ginting, Erward -

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh perubahan laba usaha, Net Profit Margin (NPM), Price Earning Ratio (PER), dan Price to Book Value (PBV) terhadap Return saham. Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008 ¢â?¬â?? 2011. Untuk pengambila sampel, peneliti menggunakan teknik purposive sampling, yang artinya perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang akan dijadikan sebagai sampel penelitian, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 68 perusahaan dari 119 perusahaan. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan perubahan laba usaha, Net Profit Margin (NPM), Price Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV) berpengaruh?  signifikan terhadap Return saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di?  Bursa Efek Indonesia periode 2008 ¢â?¬â?? 2011. Secara parsial, Price to Book Value (PBV) berpengaruh terhadap Return saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di?  Bursa Efek Indonesia periode 2008 ¢â?¬â?? 2011. Sedangkan perubahan laba usaha, Net Profit Margin (NPM), dan Price Earning Ratio (PER) tidak berpengaruh terhadap Return saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di?  Bursa Efek Indonesia periode 2008 ¢â?¬â?? 2011.


Keywords


perubahan laba usaha, Net Profit Margin (NPM), Price Earning Ratio (PER), dan Price to Book Value (PBV) dan Return saham

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v3i1.199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)