Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Mikroskil Medan
DOI:
https://doi.org/10.55601/jwem.v5i1.221Keywords:
latar belakang pendidikan menengah, perilaku belajar mahasiswa dan tingkat pemahaman akuntansiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan menengah dan perilaku belajar mahasiswa secara parsial maupun simultan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa jurusan akuntansi STIE Mikroskil Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 dan semester 7 jurusan akuntansi konsentrasi akuntansi bisnis dan akuntansi perpajakan. Data dalam penelitian ini diambil berdasarkan kuesioner. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 149 orang mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, latar belakang pendidikan menengah dan perilaku belajar mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan secara parsial perilaku belajar mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, sedangkan latar belakang pendidikan menengah tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa jurusan akuntansi STIE Mikroskil Medan.Downloads
Published
19-04-2015
Issue
Section
Articles