Mengukur Loyalitas Pelanggan pada Brastagi Supermarket (Jl. Gatot Subroto No. 288 Medan)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keragaman produk, kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Brastagi Supermarket. Pada penelitian ini data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan memenuhi uji asumsi klasik seperti uji normalitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Brastasgasi supermarket sebanyak 15.000 Orang, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, adapun sampel sebanyak 99 Orang.�?� Hasil penelitian menunjukan variabel keragaman produk, kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan baik secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dimana nilai �?� = 33.013 >= 2,14 dan nilai signifikan sebesar 0.000< 0.1 dan secara parsial variabel keragaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dimana �?� = 4,139> = 1,66 dengan nilai signifikansi sebesar 0.005< 0.1. variabel kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dimana nilai �?� = 2,554> = 1,66 dengan nilai signifikansi sebesar 0.012< 0.1, dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh positf dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dimana nilai nilai�?� = 6,060> = 1,66 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000< 0.1. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan sebesar 45.5% hal ini variabel loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variaabel keragaman produk, kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v6i2.354
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JWEM is indexed in:
       |  | |
 |          |  |
Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id
The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)