Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kualitas Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Suriani Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah Profitabilitas, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Kualitas Laba pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015 baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi penelitian ini berjumlah 143 perusahaan manufaktur, dengan menggunakan teknik purporsive sampling diperoleh sebanyak 58 perusahaan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi yang diperoleh melalui situs resmi www.idx.co.id. Metode pengujian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan Profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan ? tidak berpengaruh signifikan ? terhadap kualitas laba. Secara parsial Profitabilitas, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan secara signifikan tidak berpengaruh terhadap kualitas laba. Nilai Adjusted R Square (Adjused R2) dalam penelitian ini sebesar 0,024?  hal ini berarti 2,4%?  variasi Kualitas Laba dapat dijelaskan oleh Profitabilitas, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan,?  sedangkan sisanya dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar model.


Keywords


Kualitas Laba, Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v7i2.522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)