Analisis Experiental Marketing dan Electronic Word of Mouth Terhadap Repurchase Intention pada Penumpang Maskapai Penerbangan di Kota Medan Pasca Pandemi

Ari Prabowo, Eka Purnama Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh experiental marketing dan electronics word of mouth terhadap repurchase intention pada penumpang maskapai penerbangan di Kota Medan Pasca Pandemi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh penumpang maskapai penerbangan di Kota Medan yang jumlahnya tidak dapat ditentukan/ atau tidak terbatas. Metode penarikan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling memberikan kueisoner secara langsung atau kebetulan bertemu kepada para responden yang dikatakan sesuai dan layak dengan penelitian yang ada. Dengan rumus Zikmund sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Experiental marketing memiliki pengaruh terhadap repurchase intention pada penumpang maskapai penerbangan di Kota Medan Pasca Pandemi, (2) Electronics word of mouth memiliki pengaruh terhadap repurchase intention pada penumpang maskapai penerbangan di Kota Medan Pasca Pandemi, (3) Experiental marketing dan electronics word of mouth memiliki pengaruh terhadap repurchase intention pada penumpang maskapai penerbangan di Kota Medan Pasca Pandemi. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R square sebesar 0,781 (78,1%). Hal ini menunjukkan bahwa variabel experiental marketing dan electronic word of mouth mampu menjelaskan repurchase intention sebesar 78,1%, sedangkan sisanya sebesar 21,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Experiental Marketing; Electronic Word Of Mouth; Repurchase Intention

Full Text:

PDF

References


Almana, A. M., & Mirza, A. A. (2013). The Impact of Electronic Word of Mouth on Consumers’ Purchasing Decisions. International journal of computer application. Vol. 8 (9).

Arif, M. E. (2019). The influence of electronic word of mouth (eWOM), brand image, and price on re-purchase intention of airline customers. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(2), 345-356.

Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Kencana Abadi Pustaka.

Corin. (2013). Customer Business Relationship. New York: Mc Graw-Hill

Fornell, C. et.al. (2013). “Customer Satisfaction, market share, and profitability: Finding from Sweden Journal of Marketing. Vol 58, p.53-66.

Hawkins, & Mothersbaugh. (2013). Consumer Behaviour: Building Marketing Strategy. New York: Mc Graw-Hill.

Huang, & Li. (2013). Experience Customer On Business Potential. Group Management Library.

Jalilvand, M. R. & Samiei. (2012). The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand image and Purchase Intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning. Vol. 30 Issue: 4.

Kartajaya, Herrmawan & Setiawan. (2012). Marketing 4.0. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. (2015). Marketing Management, 14th Edition. New Jersey: Pearson Prestice Hall, Inc.

Mahendrayasa. et.al (2014), Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM “IM3” Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 12 No. 1 , hal :1-7.

Octaviana, R. A., & Nugrahaningsih, H. (2018). Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Membeli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada PT. Meratus Line Jakarta). Media Manajemen Jasa, 6 (2).

Reno, Olii, & Nyoman, (2016). “Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Pembelian Ulang Tiket Pesawat Pada PT. Jasa Nusa Wisata Denpasar”, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.8, 2016: 4835-4864.

Sekaran, U. & Bougie, R. (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610.

Schmitt. (2013). Experiential Marketing: How to get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands. New York: The Free Press.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v12i2.914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JWEM is indexed in:

         
            


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)