Analisis Service Quality pada Tokopedia dengan Menggunakan Metode Revised Kano Model (Studi Kasus pada Universitas Mikroskil)

Authors

  • Steven Obert
  • Sudarto .
  • Riche .

DOI:

https://doi.org/10.55601/jsm.v26i2.1652

Keywords:

E-Servqual, Revised Kano Model, E-Commerce, Tokopedia, Kualitas Layanan

Abstract

Tokopedia merupakan situs e-commerce yang cukup diminati namun masih terdapat banyak keluhan pada layanan yang ditawarkan pada pelanggan. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa baik kualitas pelayanan yang disediakan Tokopedia dalam memenuhi harapan pelanggan secara keseluruhan serta mengetahui prioritas dari kualitas pelayanan yang disediakan Tokopedia. Penelitian ini dilakukan secara sistematis melalui tahapan kajian literatur, pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner, analisis data dan interpretasi hasil analisis data. Dalam mengukur kualitas layanan Tokopedia melalui kesenjangan antara kenyataan dan harapan pelanggan menggunakan E-Servqual dengan variabel meliputi Efficiency, System Availability, Fulfillment, Privacy, Responsiveness, Compensation, Contact dan Revised Kano Model untuk mengklasifikasikan atribut layanan yang ada serta menentukan prioritas layanan atribut yang perlu diperhatikan. Hasil perhitungan metode E-Servqual menunjukkan kualitas layanan yang disediakan belum memenuhi harapan pelanggan, dikarenakan seluruh atribut layanan mempunyai nilai gap negatif. Hasil perhitungan Revised Kano mendapatkan bahwa terdapat 11 atribut termasuk kedalam kategori Must-Be yang perlu diprioritaskan terlebih dahulu karena 11 atribut ini merupakan atribut yang wajib dipenuhi, kemudian terdapat 5 atribut termasuk kedalam kategori One-Dimensional yang perlu diperhatikan karena kinerja kategori ini berbanding lurus dengan kepuasan pelanggan, dan terdapat 5 atribut masuk kedalam kategori Attractive yang akan lebih baik jika ditingkatkan, karena peningkatan kinerja kategori ini akan menghasilkan kepuasan yang tinggi.

References

D. H. Jayani, “Tren Pengguna E-Commerce Terus Tumbuh,” Oct. 10, 2019. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023 (accessed Sept. 26, 2022).

D. Hernikawati, “Analisa Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Jumlah Kunjungan Pada Situs E-Commerce Di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan,” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, vol. 25, 2021, doi: 10.31445/jskm.2021.4389.

S. Widi, “Daftar E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak per Kuartal I/2022,” Jul. 8, 2022. https://dataindonesia.id/Digital/detail/daftar-ecommerce-dengan-pengunjung-terbanyak-per-kuartal-i2022 (accessed Sept. 29, 2022).

F. Anggraeni and M. Rosmiati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Konsumen Di Apotek Bio Medika Soreang Periode Bulan Mei 2021,” Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 2, 2022, doi: 10.36418/cerdika.v2i2.334.

A. Kusyanti, R. I. Rokhmawati, dan N. S. Ekowati, “Analisis Kualitas Layanan Website Erafone Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan E-S-Qual Dan E-Recs-Qual,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, 2018, pp. 602-611

S. F. Wibowo, R. A. Raidah, and Rahmi, “Analisis Pengaruh E-Service Quality Dan Perceived Service Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia,” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), vol. 10, 2019, doi: doi.org/10.21009/JRMSI.010.1.07

A. A. Suhendra, S. Wulandari, and A. H. Manyu, “Rancangan Atribut Website Bearpath Menggunakan Metode Integrasi E-Servqual Dan Kano,” e-Proceeding of Engineering, no. 2, vol. 6, 2019, pp.7350-7358

Y. Rohayati, U. Y. Nafizah, and R. Yuliantara, “Analisis Kebutuhan Pelanggan Terhadap Layanan Website Indonesia Juara Menggunakan Integrasi Electronic Service Quality dan Model Kano,” e-Proceeding of Engineering, No. 2, Vol. 5, 2018, pp. 2481- 2488

J. Goers and G. Horton, “A Revised Kano Model And Its Application In Product Feature Discovery,” 2019, pp. 1-32

K. K. Waruwu and S. H. Sahir, “Pengaruh E-Service Quality dan Brand Image Terhadap E-Loyalty pada Pengguna Aplikasi Shopee,” Journal of Business and Economics Research (JBE), vol. 3, 2022, doi: 10.47065/jbe.v3i3.2298

I. C. Altino, H. Aryadita, and R. I. Rokhmawati, “Analisis Pengaruh Kualitas EService Grab Terhadap Customer Satisfaction and Loyalty menggunakan E-S-QUAL dan E-RECS-QUAL,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, no. 11, vol. 2, 2018, pp. 5634-5643

A. Wislawawan and Jonrinaldi, 2021, “Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan PT. XYZ Dengan Pendekatan Integrasi Metode Servqual dan Kano,” Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri, no. 1, vol. 9, 2021, pp. 158-169

M. Nurhadi and M. L. Hamzah, 2022, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi ECampus Menggunakan Metode E-Servqual Dan Model Kano,” Building of Informatics, Technology and Science (BITS), vol. 4, 2022, doi: 10.47065/bits.v4i3.2691

S. Zainah and M. L. Hamzah, “Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Shopee Menggunakan Metode E-Servqual Dan Kano”, 2023, https://repository.uin-suska.ac.id/69864/1/JURNAL.pdf

I. Safi’i, “Klasifikasi Atribut Pelayanan Mobile Banking dengan Kano Model Berdasarkan Dimensi E-Servqual,” Jurnal Sistem dan Manajemen Industri, vol. 2, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.30656/jsmi.v2i2.696

Sudarto, E. Sufarnap, Djoni, and S. Handini, “Implementasi Metode Webqual 4.0 dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk Mengukur Kualitas Website E-Commerce,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SNASTIKOM), Universitas Harapan Medan, 2020, pp. 64–71. [Online]. Available: www.snastikom.com

Downloads

Published

31-10-2025