Implementasi Sistem Augmented Reality untuk Organ Dalam dengan Integrasi Berbasis Suara

Authors

  • Geby Laurent Br Ginting
  • Rangga Aprilla Lubis
  • Yehezkiel Fernandes Parapat
  • Syanti Irviantina
  • R. A. Fattah Adriansyah

DOI:

https://doi.org/10.55601/jsm.v26i1.1709

Keywords:

Implementasi Sistem Augmented Reality Untuk Organ Dalam Dengan Integrasi Berbasis Suara

Abstract

Pemahaman mengenai organ dalam manusia merupakan komponen penting dalam pembelajaran biologi di tingkat SMA, karena memberikan wawasan mendalam tentang anatomi dan fisiologi organ dalam manusia. Namun, pembelajaran tradisional yang bersifat teoritis menyebabkan siswa kehilangan minat dan mengalami kesulitan memahami konsep-konsep kompleks. Untuk mengatasi hal ini, perlu diperkenalkan metode pembelajaran berbasis teknologi yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran organ dalam manusia. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan aplikasi pembelajaran yang dirancang untuk memperkenalkan organ dalam manusia secara interaktif. Hasil akhir dari pengembangan ini adalah berupa aplikasi pembelajaran bernama "scleARn" yang dikembangkan dengan metode AGILE untuk memberikan solusi pembelajaran interaktif yang menarik. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality, aplikasi ini memungkinkan siswa memvisualisasikan organ dalam manusia dalam bentuk objek 3D secara real-time. Fitur Chat Assist berbasis Artificial Intelligence dan suara memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dan memperoleh informasi lebih lanjut. Hasil pengujian aplikasi, mulai dari blackbox testing hingga pengujian mendalam pada setiap fitur, menunjukkan bahwa scleARn berfungsi sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Tanggapan positif dari siswa SMA mencapai 92,17%, yang mengindikasikan bahwa aplikasi ini memiliki fungsionalitas tinggi serta mudah digunakan, menjadikannya solusi inovatif untuk pembelajaran berbasis teknologi.

References

E. Y. Lorin, H. Hindarto, and C. Taurusta, “Penerapan Augmented Reality dalam Pendidikan Anatomi Manusia di Sekolah Menengah,” Indones. J. Appl. Technol., vol. 1, no. 3, p. 15, 2024, doi: 10.47134/ijat.v1i3.3067.

and A. B. S. H. Susanto, Ibrohim, A. Basuki, W. C. Purwanti, A. Gunawan, “Revolutionary Biology Education: Development of Advanced Biology Learning Through Websites and Learning Kits,” Int. J. Sci. Soc., vol. 5, no. 5, pp. 225–239, 2023, doi: 10.54783/ijsoc.v5i5.882.

Y. Ndruru, “Analisis Permasalahan Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Ulunoyo,” TUNAS J. Pendidik. Biol., vol. 5, no. 1, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas

Y. Asrianti, N. Fauziah, I. Artikel Abstrak, K. kunci, and K. Belajar Biologi, “Kesulitan Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA YLPI Pekanbaru,” 2023.

G. Sundawiyani, K. Ningsih, and T. Titin, “Analysis of Student Learning Difficulties on Senior High School Scope of Biology,” Bioeducation J., vol. 6, no. 1, pp. 1–10, Jun. 2022, doi: 10.24036/bioedu.v6i1.352.

S. Ayundari and K. Manalu, “Pengembangan Media Augmented Reality Terintegrasi Nilai-nilai Islam pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMA Swasta Bandar Setia Ujung,” Biosci. J. Ilm. Biol., vol. 12, no. 1, p. 1057, Jun. 2024, doi: 10.33394/bioscientist.v12i1.11808.

L. P. I. C. Irebon, “Darma abdi karya,” pp. 2022–2025, 2024.

A. Hermawan and S. Hadi, “Realitas Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Siswa,” J. Simki Pedagog., vol. 7, no. 1, pp. 328–340, 2024, doi: 10.29407/jsp.v7i1.694.

H. A., R. T. R. . Bau, and A. A. Bouty, “Penggunaan ChatGPT Sebagai Sumber Pembelajaran Adaptif Untuk Menanggapi Kebutuhan Individu Siswa,” VOCATECH Vocat. Educ. Technol. J., vol. 5, no. 2, pp. 126–135, Apr. 2024, doi: 10.38038/vocatech.v5i2.170.

V. . S. N. P. Juanta, F. Fa, H. Alexa, D. Andrian, “Analisis Pengaruh Penggunaan Chatbot sebagai Asisten Pembelajaran AI terhadap Motivasi Belajar Siswa,” … Pendidik. Sains dan …, vol. 3, pp. 38–44, 2024, doi: https://doi.org/10.58466/intern.v3i1.

J. Junaidi, “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar,” Diklat Rev. J. Manaj. Pendidik. dan Pelatih., vol. 3, no. 1, pp. 45–56, 2019, doi: 10.35446/diklatreview.v3i1.349.

S. Nurfadhillah, D. A. Ningsih, P. R. Ramadhania, and U. N. Sifa, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III,” PENSA J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, pp. 243–255, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, and Z. Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 3928–3936, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.

N. Alfitriani, W. A. Maula, and A. Hadiapurwa, “Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi,” J. Penelit. Pendidik., vol. 38, no. 1, pp. 30–38, 2021, doi: 10.15294/jpp.v38i1.30698.

A. A. Pramesti, R. P. Sitompul, N. Sopiya, and Fitroh, “Systematic Literature Review: Pemanfaatan Virtual Reality (Vr) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 19, no. 2, pp. 105–117, 2022, doi: 10.23887/jptkundiksha.v19i2.48027.

P. Dan, P. Animasi, and T. Manusia, “SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SD.”

R. M. H. Handoko, Wahyuni Putra, Ryan Delon Pratama, Nova Noor Kamalasari, and Viktor Handrianus Pranatawijaya, “Implementasi Gemini Ai Dalam Pengembangan Aplikasi E-Commerce Mobile Generate Deskripsi Produk,” ProTekInfo(Pengembangan Ris. dan Obs. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 21–25, 2024, doi: 10.30656/protekinfo.v11i1.8595.

M. Imran and N. M. Almusharraf, “Google Gemini as a next generation AI educational tool: a review of emerging educational technology,” ResearchGate. Accessed: Jan. 04, 2025. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/380814776_Google_Gemini_as_a_next_generation_AI_educational_tool_a_review_of_emerging_educational_technology

G. Hartawan, D. S. Maylawati, and W. Uriawan, “Bidirectional and Auto-Regressive Transformer (BART) for Indonesian Abstractive Text Summarization,” J. Inform. Polinema, vol. 10, no. 4, pp. 535–542, 2024, doi: 10.33795/jip.v10i4.5242.

Y. Yuniati et al., “ANALISIS PERFORMA EKSTRAKSI KONTEN GPT-3 DENGAN MATRIK PERFORMANCE ANALYSIS OF GPT-3 CONTENT EXTRACTION WITH BERTSCORE AND ROUGE MATRICES,” vol. 11, no. 6, pp. 1273–1280, 2024, doi: 10.25126/jtiik.2024118088.

S. M. Surve and H. Dand, “An Overview of Natural Language Processing,” Int. J. Renew. Energy Exch., vol. 12, no. 1, pp. 136–140, 2024, doi: 10.58443/ijrex.12.1.2024.136-140.

P. Spyns, “Natural language processing in medicine: An overview,” Methods Inf. Med., vol. 35, no. 4–5, pp. 285–301, 1996, doi: 10.1055/s-0038-1634681.

R. Agashe, “Speech Processing Model in Embedded Media Processing,” einfochips. [Online]. Available: https://www.einfochips.com/blog/speech-processing-model-in-embedded-media-processing/

N. Lubis, M. Z. Siambaton, and R. Aulia, “Implementasi Algoritma Deep Learning pada Aplikasi Speech to Text Online dengan Metode Recurrent Neural Network (RNN),” sudo J. Tek. Inform., vol. 3, no. 3, pp. 113–126, 2024, doi: 10.56211/sudo.v3i3.583.

R. Jamadar, M. Pawar, P. Karke, A. Sonar, Y. Zungure, and S. Sharavagi, “Automatic Speech Recognition: Speech To Text Converter,” Int. Res. J. Mod. Eng. Technol. Sci., no. 05, pp. 4377–4381, 2023, doi: 10.56726/irjmets39369.

I. Jukka, “Word Error Rate reveals the accuracy of the speech recognition system,” spokencompany. Accessed: Nov. 30, 2024. [Online]. Available: https://www.spokencompany.com/word-error-rate-reveals-the-accuracy-of-the-speech-recognition-system/

D. P. R, “Speech Cloning: Text-To-Speech Using VITS,” Eng. Technol. J., vol. 09, no. 05, pp. 3951–3956, 2024, doi: 10.47191/etj/v9i05.10.

T. N. Fitria, “Using Naturalreader: a Free Text-To-Speech Online With Ai-Powered Voices in Teaching Listening Toefl,” ELTALL English Lang. Teaching, Appl. Linguist. Lit., vol. 4, no. 2, pp. 1–17, 2023, doi: 10.21154/eltall.v4i02.6305.

“Evaluating text-to-speech models,” huggingface. Accessed: Nov. 30, 2024. [Online]. Available: https://huggingface.co/learn/audio-course/chapter6/evaluation

W. C. Tseng, W. T. Kao, and H. Y. Lee, “DDOS: A MOS Prediction Framework utilizing Domain Adaptive Pre-training and Distribution of Opinion Scores,” Proc. Annu. Conf. Int. Speech Commun. Assoc. INTERSPEECH, vol. 2022-Septe, pp. 4541–4545, 2022, doi: 10.21437/Interspeech.2022-11247.

M. Riyan Dirgantara, S. Syahputri, and A. Hasibuan, “Pengenalan Database Management System (DBMS),” J. Ilm. Multidisipline, vol. 1, no. 6, pp. 300–301, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.5281/zenodo.8123019

F. F. Adiwijaya, D. S. Amaruloh, and A. R. Mulya, “Sistem Registrasi Surat Perintah Tugas (Spt) Di Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Dan Pertanahan Provinsi Kepulauan Riau,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 10, no. 2, pp. 70–77, 2021, doi: 10.34010/komputa.v10i2.6806.

“What is an Entity Relationship Diagram (ERD)?,” lucidchart. Accessed: Dec. 15, 2024. [Online]. Available: https://www.lucidchart.com/pages/er-diagrams

A. Ariesta, Y. N. Dewi, F. A. Sariasih, and F. W. Fibriany, “Penerapan Metode Agile Dalam Pengembangan Application Programming Interface System Pada Pt Xyz,” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 1, p. 38, 2021, doi: 10.24014/coreit.v7i1.12635.

I. Larasati, A. N. Yusril, and P. Al Zukri, “Systematic Literature Review Analisis Metode Agile Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile,” Sistemasi, vol. 10, no. 2, p. 369, 2021, doi: 10.32520/stmsi.v10i2.1237.

F. C. Ningrum, D. Suherman, S. Aryanti, H. A. Prasetya, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 4, no. 4, p. 125, 2019, doi: 10.32493/informatika.v4i4.3782.

Downloads

Published

30-04-2025