Pengaruh Harga, Citra Merek, dan Fasilitas terhadap Loyalitas Pelanggan Tip Top Restaurant Dimediasi Kepuasan Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.55601/jwem.v15i1.1624Keywords:
Harga, Citra_Merek, Fasilitas, Loyalitas_Pelanggan, Kepuasan_PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, citra merek, dan fasilitas terhadap loyalitas pelanggan Tip Top Restaurant dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui jumlahnya. Teknik penentuan sampel penelitian ini adalah purposive sampling terhadap 100 responden. Analisis data penelitian ini menerapkan metode SEM-PLS dengan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan harga, citra merek, dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, tetapi fasilitas tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Citra merek dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, tetapi harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Adapun fasilitas berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, tetapi harga dan citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.References
Andayani, S., Kuswarak, & Putri, A. A. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, FASILITAS, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA ADIKSI COFFEE. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai, 8(2). https://doi.org/doi.org/10.24967/jmb.v8i2.2043
Caniago, A. (2022). ANALISIS KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Lentera Bisnis. https://doi.org/doi.org/10.34127/jrlab.v11i3.652
Dewi, S. A. M. S., Amir, F. L., Suarmana, I. W. R., & Paramitha, M. W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pramusaji dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(12). https://doi.org/doi.org/10.22334/paris.v2i12.632
Estifaza, & Yucha, N. (2023). LOYALITAS DAN KEPUASAN KONSUMEN LEMBAGA KURSUS BERDASARKAN PROMOSI, CRM, DAN KEPERCAYAAN. CV. Intelektual Manifes Media.
Firmansyah, M. A. (2019). PEMASARAN JASA. Deepublish.
Goenardia, F., & Lya. (2021). IDENTIFIKASI TERHADAP KETERTARIKAN PENGUNJUNG DI RESTORAN SURABAYA DENGAN PENDEKATAN SENSE OF PLACE. Jurnal of Design and Creative Industry, 6(2). https://doi.org/doi.org/10.37715/kreasi.v6i1.3725
Hasibuan, V. Y., Yusrizal, & Jannah, N. (2023). Analisis Pengembangan Wisata Kuliner Kota Medan. Jurnal EMT KITA, 7(4), 1088–1113. https://doi.org/doi.org/10.35870/emt.v7i4.1590
Hutabarat, J. (2022). Pengantar Teknik Industri. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Kasanah, P. A. N., & Hanifah, L. (2023). Pengaruh Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim pada Cafe Bintang Sanga. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 3(1). https://doi.org/doi.org/10.52620/jeis.v3i1.34
Limbongan, M. E., & Panggeso, G. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 1(1), 37–50. https://doi.org/doi.org/10.47178/jesit.v1i1.1089
Mulyana, L. I., & Sulistyawati, L. (2022). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK INDOMIE (Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya). Jurnal Publicuho, 5(1). https://doi.org/doi.org/10.35817/jpu.v5i1.23470
Nazilah. (2021). KAJIAN KONTEN LOKAL PADA RESTORAN KHAS BETAWI DI JAKARTA (STUDI KASUS KAFE BETAWI SETIABUDI ONE). Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 18(1). https://doi.org/doi.org/10.25105/dim.v18i1.10605
Nordiansyah, E. (2024, January 24). 2024 Bawa Angin Segar bagi Pelaku Bisnis Kafe dan Restoran. Medcom.Id. https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/zNAQrgZN
Pangastuti, A., Santoso, E., & Hartono, S. (2022). PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING, SERVICE QUALITY DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Kedai Kopi Sor Sawo Ponorogo). Jurnal Manajemen USNI, 7(1), 21. https://doi.org/doi.org/10.54964/manajemen.v7i1.236
Putra, R. (2021). DETERMINASI KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). JEMSI: Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4). https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4
Rahmandika, Y. F., Rahayu, L. P., & Purwanto, H. (2020). ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1). https://doi.org/doi.org/10.36596/ekobis.v8i1.319
Ramli, R. A. L. P., Sitorus, M., & Wibowo, E. A. (2023). PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN, PERSEPSI HARGA, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDIHOME. MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG, 6(1), 24–36. https://doi.org/doi.org/10.52624/manajerial.v6i1.2361
Sa’adah, L., & Munir, A. F. (2020). Kualitas Layanan, Harga, Citra Merk serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. ALFABETA. https://penerbitzaini.com/
Suprapto, R., & Azizi, M. Z. W. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Myria Publisher.
UR, D. W., & Permana, G. I. (2022). DAMPAK PEMASARAN SOSIAL MEDIA DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI. Pustaka Peradaban.
Utami, K. D. P. (2022). Penerapan standar kebersihan fasilitas di area swan restoran pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(11). https://doi.org/doi.org/10.22334/paris.v1i11.210
Walker, J. R. (2021). The Restaurant: From Concept to Operation. John Wiley & Sons.
Wardani, E. K., Hartono, & Hidayat, M. S. (2022). PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA GARTENHUTTE CAFE TRAWAS. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi (JISMA), 1(3). https://doi.org/doi.org/10.59004/jisma.v1i3.76
Zulfa, N., Arief, M. Y., & Harisandi, Y. (2022). PENGARUH FASILITAS DAN CITA RASA DALAM MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN LESEHAN IKAN BAKAR BU TATIK DI KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(4), 713–728. https://doi.org/doi.org/10.36841/jme.v1i4.2057