Pengaruh Harga, Citra Merek, dan Fasilitas terhadap Loyalitas Pelanggan Tip Top Restaurant Dimediasi Kepuasan Pelanggan

Andrew Husada, Devina Natalie, Patricia Aprilda Uli Hutapea, Hanny Siagian, Apren Halomoan Hutasoit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, citra merek, dan fasilitas terhadap loyalitas pelanggan Tip Top Restaurant dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui jumlahnya. Teknik penentuan sampel penelitian ini adalah purposive sampling terhadap 100 responden. Analisis data penelitian ini menerapkan metode SEM-PLS dengan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan harga, citra merek, dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, tetapi fasilitas tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Citra merek dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, tetapi harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Adapun fasilitas berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, tetapi harga dan citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.

Keywords


Harga, Citra_Merek, Fasilitas, Loyalitas_Pelanggan, Kepuasan_Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Andayani, S., Kuswarak, & Putri, A. A. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, FASILITAS, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA ADIKSI COFFEE. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai, 8(2). https://doi.org/doi.org/10.24967/jmb.v8i2.2043

Caniago, A. (2022). ANALISIS KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Lentera Bisnis. https://doi.org/doi.org/10.34127/jrlab.v11i3.652

Dewi, S. A. M. S., Amir, F. L., Suarmana, I. W. R., & Paramitha, M. W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pramusaji dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(12). https://doi.org/doi.org/10.22334/paris.v2i12.632

Estifaza, & Yucha, N. (2023). LOYALITAS DAN KEPUASAN KONSUMEN LEMBAGA KURSUS BERDASARKAN PROMOSI, CRM, DAN KEPERCAYAAN. CV. Intelektual Manifes Media.

Firmansyah, M. A. (2019). PEMASARAN JASA. Deepublish.

Goenardia, F., & Lya. (2021). IDENTIFIKASI TERHADAP KETERTARIKAN PENGUNJUNG DI RESTORAN SURABAYA DENGAN PENDEKATAN SENSE OF PLACE. Jurnal of Design and Creative Industry, 6(2). https://doi.org/doi.org/10.37715/kreasi.v6i1.3725

Hasibuan, V. Y., Yusrizal, & Jannah, N. (2023). Analisis Pengembangan Wisata Kuliner Kota Medan. Jurnal EMT KITA, 7(4), 1088–1113. https://doi.org/doi.org/10.35870/emt.v7i4.1590

Hutabarat, J. (2022). Pengantar Teknik Industri. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Kasanah, P. A. N., & Hanifah, L. (2023). Pengaruh Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim pada Cafe Bintang Sanga. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 3(1). https://doi.org/doi.org/10.52620/jeis.v3i1.34

Limbongan, M. E., & Panggeso, G. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 1(1), 37–50. https://doi.org/doi.org/10.47178/jesit.v1i1.1089

Mulyana, L. I., & Sulistyawati, L. (2022). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK INDOMIE (Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya). Jurnal Publicuho, 5(1). https://doi.org/doi.org/10.35817/jpu.v5i1.23470

Nazilah. (2021). KAJIAN KONTEN LOKAL PADA RESTORAN KHAS BETAWI DI JAKARTA (STUDI KASUS KAFE BETAWI SETIABUDI ONE). Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 18(1). https://doi.org/doi.org/10.25105/dim.v18i1.10605

Nordiansyah, E. (2024, January 24). 2024 Bawa Angin Segar bagi Pelaku Bisnis Kafe dan Restoran. Medcom.Id. https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/zNAQrgZN

Pangastuti, A., Santoso, E., & Hartono, S. (2022). PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING, SERVICE QUALITY DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Kedai Kopi Sor Sawo Ponorogo). Jurnal Manajemen USNI, 7(1), 21. https://doi.org/doi.org/10.54964/manajemen.v7i1.236

Putra, R. (2021). DETERMINASI KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). JEMSI: Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4). https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4

Rahmandika, Y. F., Rahayu, L. P., & Purwanto, H. (2020). ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1). https://doi.org/doi.org/10.36596/ekobis.v8i1.319

Ramli, R. A. L. P., Sitorus, M., & Wibowo, E. A. (2023). PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN, PERSEPSI HARGA, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDIHOME. MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG, 6(1), 24–36. https://doi.org/doi.org/10.52624/manajerial.v6i1.2361

Sa’adah, L., & Munir, A. F. (2020). Kualitas Layanan, Harga, Citra Merk serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. ALFABETA. https://penerbitzaini.com/

Suprapto, R., & Azizi, M. Z. W. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Myria Publisher.

UR, D. W., & Permana, G. I. (2022). DAMPAK PEMASARAN SOSIAL MEDIA DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI. Pustaka Peradaban.

Utami, K. D. P. (2022). Penerapan standar kebersihan fasilitas di area swan restoran pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(11). https://doi.org/doi.org/10.22334/paris.v1i11.210

Walker, J. R. (2021). The Restaurant: From Concept to Operation. John Wiley & Sons.

Wardani, E. K., Hartono, & Hidayat, M. S. (2022). PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA GARTENHUTTE CAFE TRAWAS. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi (JISMA), 1(3). https://doi.org/doi.org/10.59004/jisma.v1i3.76

Zulfa, N., Arief, M. Y., & Harisandi, Y. (2022). PENGARUH FASILITAS DAN CITA RASA DALAM MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN LESEHAN IKAN BAKAR BU TATIK DI KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(4), 713–728. https://doi.org/doi.org/10.36841/jme.v1i4.2057




DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v15i1.1624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JWEM diindeks di:

Bahasa Indonesia: 
Bahasa Indonesia: 


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email : jwem.fb@mikroskil.ac.id

Lisensi Creative Commons

Situs JWEM dan metadatanya dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi - NonKomersial - NoDerivs 4.0 Internasional (CC BY-NC-ND 4.0)