Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Dan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK

Peter Peter, Sugianta Ovinus Ginting, Litka Tiadora Ria br. Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas XI SMA Wiyata Dharma Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 75 siswa dengan pengambilan sampel Non Probability Sampling dengan sampling jenuh atau sensus. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dan statistik yang menggunakan alat analisis regresi linear berganda, pengujian parsial, dan pengujian simultan. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui pembagian kuesioner kepada responden, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel Motivasi Belajar, Kompetensi Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar serta variabel Fasilitas Belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Hasil Belajar. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Kompetensi Guru memiliki pengaruh terhadap Hasil Belajar mata pelajaran TIK siswa kelas XI SMA Wiyata Dharma Medan. Hasil uji Adjusted R2 menunjukkan bahwa variabel Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Kompetensi Guru mampu menjelaskan variabel Hasil Belajar sebesar 63,8%.


Keywords


Learning_Motivation, Learning_Facilities, Teacher_Competence, Learning_Outcomes

Full Text:

PDF

References


Adisty, A., Devri, Erdinawati, Wati, A. F., & Muliada. (2023). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 8 Di SMP Negeri 1 Ketapang. Journal Innovation In Education, 1(3), 277–288. https://doi.org/10.59841/inoved.v1i3.310

A.E.Lao, H., & Maudemang, O. O. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Kota Kupang. Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1. https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/IT/article/view/481/250

Ainan, M. (2020). Pengaruh Fasilitas, Kompetensi Guru Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMA Walisongo Semarang. Jurnal Visi Manajemen, 6(1), 13. https://doi.org/10.56910/jvm.v6i1.113

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep) (M. Fadhli, Ed.; Cetakan Pertama). CV. Pusdikra Mitra Jaya. http://repository.uinsu.ac.id/12021/1/BUKU.pdf

Arafah, K. (2019). Motivasi Ekstrinsik Dan Intrinsik Dalam Belajar Fisika (Cetakan Pertama). Global Research and Consulting Institute (Global-RCI).

Artha, A. Y. (2022). Manajemen Pelatihan Guru Sekolah Dasar Dalaam Peningkatan Kompetensi Profesional. Pascal Books.

Asih, S. R., Riska, N., & Alim, J. A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemandirian Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 10217–10223. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7974

Asrul, Ananda Rusydi, & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran (Cetakan Kedua). Citapustaka Media.

Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Dainga, J., Sumual, T., Wuisang, J., & Wantah, E. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Pembelajaran Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. E-Jurnal Social Science, 10(1). http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jss/article/view/3665

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Dina, D. L. (2022). Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Lancang Kuning. Jurnal Tafidu, 1(1), 48–56. https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.182

Fauzi, M. A., Meiliawaty, T., Assidieq, M., & Alfaini, A. D. (2023). Pengaruh Sarana Pembelajaran dan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Dengan Motivasi Berprestasi Sebagai Intervening. Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 3(1), 77–88. https://doi.org/10.37366/master.v3i1.661

Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. PT Bumi Aksara.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Hayati, N., & Pahlevi, T. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar. Journal of Office Administration: Education and Practice, 2(2), 79–95. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n2.p79-95

Hendriana, H., & Rohaeti, E. E. (2018). Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa (Cetakan kedua). PT. Refika Aditama.

Husien, L. (2016). Profesi Keguruan : Menjadi Guru Profesional. Pustaka Baru Press.

Indrawan, I. (2015). Pengantar Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah. Deepublish.

Jaenudin, U., & Sahroni, D. (2021). Psikologi Pendidikan Pengantar Menuju Praktik (1st ed.). Lagood’s Publishing.

Kismurdiani, N. S., Wijoyo, S. H., & Herlambang, A. D. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan melalui Kegiatan Praktikum pada Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK N 11 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(10), 5022–5031. http://j-ptiik.ub.ac.id

Matin, & Fuad, N. (2016). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. RajaGrafindo Persada.

Pratyahara, D. (2017). Dayu Pratyahara. Salma Idea.

Purnamaningsih, I. R., & Purbangkara, T. (2022). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatan Kualitas Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Purwanto, N. (2017). Psikologi Pendidikan (Cetakan 25). Remaja Rosdakerya.

Putri, S. A., Riyanto, & Yunus, M. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Administrasi Transaksi Siswa Kelas XI BDP Di SMK N 1 Kudus. Jurnal Spirit Edukasia, 1(1), 1–8.

Rahayu, D. S., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 212–224. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1035

Riadin, A., & Estimurti, E. S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Era Merdeka Belajar. Jurnal Holistika, 108–114. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.108-114

Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional (S. Anwar, Ed.; Pertama). PT. Indragiri Dot Com.

Sappaile, I. B., Pristiwaluyo, T., & Deviana, I. (2021). Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Siswa: Vol. I. Global Research and Consulting Institute (Global-RCI). https://www.researchgate.net/publication/358888621

Sapriani, A., & Supriyadi. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS. Arus Jurnal Pendidikan, 2(2), 97–102. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i2.75

Sopamena, P., & Kaliky, S. (2020). Peta Kompetensi Guru dan Mutu; Pendidikan Maluku (F. Juhaevah & D. Riaddin, Eds.). LP2M IAIN Ambon.

Suharyadi, & Sukoco. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Di SMK N 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 4(2), 29–38. https://doi.org/10.21831/jpvo.v4i2.51662

Susanti, L. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. PT. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books/about/Strategi_Pembelajaran_Berbasis_Motivasi.html?id=DcrTDwAAQBAJ&redir_esc=y

Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar Edisi Kedua (Cetakan kelima). Prenadamedia Group (Divisi Kencana).

Sutikno, S. (2021). Strategi Pembelajaran (Cetakan Pertama). Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata). https://repository.uinmataram.ac.id/287/4/Text.pdf

Syafira, P., Lo, C., & Detman. (2024). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Siswa Di SMK Negeri 5 Padang. Ekasakti Educational Scientific Journal (EESJ), 2(1), 17–22. https://doi.org/10.60034/eesj.v2i1.13

Syamsuri, A. S. (2021). Pendidikan Guru Dan Pembelajaran. CV. Nas Media Pustaka.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.

Yesnik, M. A. P., & Trisnawati, N. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar, Kemandirian Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(4), 3081–3091. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7225




DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v15i1.1642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JWEM diindeks di:

Bahasa Indonesia: 
Bahasa Indonesia: 


Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email : jwem.fb@mikroskil.ac.id

Lisensi Creative Commons

Situs JWEM dan metadatanya dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi - NonKomersial - NoDerivs 4.0 Internasional (CC BY-NC-ND 4.0)