Mendeteksi Perilaku Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Akuntansi STIE Mikroskil
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh tekanan, kesempatan, rasionalisasi dan kemampuan terhadap perilaku kecurangan akademik baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa jurusan akuntansi di STIE Mikroskil Medan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 840 populasi dengan pemilihan sampel menggunakan rumus slovin sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 271 mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Data Panel yang dilakukan dengan bantuan software SPSS 23. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 0.323 atau (32.3%) artinya bahwa variabel independen berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik, sisanya 0.677 atau (67.7%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian. Hasil uji F menunjukkan bahwa tekanan, kesempatan, rasionalisasi dan kemampuan berpengaruh bersama-sama terhadap perilaku kecurangan akademik. Hasil uji t menunjukkan bahwa tekanan dan kesempatan berpengaruh positif signifikan pada alpha lima persen terhadap perilaku kecurangan akademik sedangkan rasionalisasi dan kesempatan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderman, E. M., & Murdoc, T. B. (2007). The Psychology Of Academic Cheating. London: Accademic Press.
Colby, B. (2006). Cheating: What is it. http://Clas.asu.edu/files/AI%20Flier.pdf.
Albrecht, et al. (2012). Fraud Examination. In Cengage Learning. South-Western.
Tuanakotta, T. (2010). Akuntansi Forensik dan Audit Investigasi. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Hartanto, D. (2012). Bimbingan dan Konseling Menyontek Mengungkap Akar Masalah dan Solusinyua. Jakarta; PT. Indeks.
Kurniawan, et al. (2017). Smart Leadership-Being A Decision Market. Yogyakarta: Andi.
Setiawan, E., & Rusmawati, R. (2019). Analisis Wacana Konsep, Teori, dan Aplikasi. Penerbit; Universitas Brawijaya Perss.
Murdiansyah, I. & Sudarman, M. (2017). Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Empiris pada mahasiswa magister akuntansi universitas brawijaya) e-ISSN: 25801015. Jurnal Akuntansi Aktual, 1-13.
Wolfe, D. T. & Hermanson, D. R. (2004). Considering the Four Element of Fraud. The CPA Journal. 74 (1): 38-42.
Nurkhin, A. (2018). Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unnes ISSN: 2620-5866. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1-12.
Hariri, H., Perdana, A. W. S., & Rahman, F. (2018). Medeteksi Perilaku Kecurangan Akademik Dengan Prespektif Fraud Diamond Theory. Jurnal Ketahanan Pangan, 1-11.
Yudiana, A. O., & Lastanti, S. H. (2016). Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi, ISBN: 978 979 1230 36 0.
Mersden, H., Carroll, M., & Neill, J. T. (2005). Who Cheats At University? A Selfreport Study of Dishonest Academic Behaviours in a Sample Of Australian University Student. Australia Journal of Psychologi, 1-10.
Simamora, B. (2005). Analisis Multivariat Pemasaran. Penerbitan: PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.775
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JWEM is indexed in:
       |  | |
 |          |  |
Fakultas Bisnis
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung C.L6
Telp. 061-4573767
Email: jwem.fb@mikroskil.ac.id
The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)